Selasa, 10 April 2018

Pura Luhur Lempuyang| Wisata Bali | Lil P Journey | Pesona Indonesia



Siapa yang tak kenal dengan pulau eksotis yang satu ini. BALI. Ya, Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah tersohor baik di dalam ataupun di luar negeri. Tak hanya wisata pantainya yang cantik, Bali juga terkenal dengan kearifan budaya masyarakatnya yang tetap menjujung tinggi nilai-nilai leluhur mereka. Dengan mayoritas penduduk beraga Hindu, pantas saja bila pulau ini disebut sebagai "Pulau Seribu Pura".
Gunung Agung dari Pura Luhur Lempuyang
Salah satu pura suci bagi masyarakat Bali yang gw kunjungi adalah Pura Luhur Lempuyang. Diklaim sebagai salah satu pura tertua di Bali, Pura Luhur Lempuyang terletak di puncak Bukit Bibis atau Gunung Lempuyang, Karang Asem, Bali Timur. Kalau kalian menginap di daerah Kuta, untuk menuju Pura Luhur Lempuyang ini kurang lebih memakan waktu 2 jam.
Oh iya, di pura ini ada aturan dimana para wisatawan diperbolehkan untuk mengambil foto, TAPI tidak boleh membuka file foto tersebut saat masih berada di area pura, demi menjaga ke sakralan pura ini. Nah saat kalian akan memasuki pura, seperti di pura-pura lain kita diharuskan untuk memakai 'tapih' dan akan diberikan penjelasan singkat tentang Pura Luhur Lempuyang.
Pura Luhur Lempuyang diduga telah dibangun sejak zaman pra Hindu-Budha. Nah untuk mencapai (puncak) Pura Lempuyang diperlukan tenaga ekstra dan jangan lupa untuk membawa air mineral karena kita harus mendaki 1700 anak tangga atau perjalan 1-2 jam. Hehehe. Tapi biasanya para wistawan hanya sampai pada Pura Ayu. Dan karena keterbatasan waktu serta belum ada persiapan jadi kami hanya sampai Pura Ayu. Pura Ayu sendiri merupakan pura terbesar di Bukit Bibis. Apa ya istilahnya (mungkin bagi readers bisa kasih koreksi di komentar), Pura Ayu ini ada di komplek Pura Lempuyang. Jadi di perjalanan menuju Pura Lempuyang, kita bisa singgah di Pura Ayu ini.
Dari Pura Ayu, kita dapat melihat maha karya Tuhan yaitu Gunung Agung yang pada tahun 2017 kemarin mengalami erupsi. Dan di bawah ini adalah salah satu spot foto favorit para wisatawan yang datang kemari. Gapura pura dengan background Gunung Agung yang merupakan Gunung Keramat masyarakat Bali.

Bagi kalian yang ingin kesini sedikit tips yang gw resume dari beberapa sumber, akan lebih baik kesini ketika subuh. Jadi kalian bisa melihat kepulan asap erupsi Gunung Raung. Tenang, jarak Gunung Agung ke Pura Lempuyang 19 km, jadi masih dalam radius aman.





Jadi guys, Bali bukan melulu tentang pantai dan bikini. Tapi juga tentang budaya nenek moyang yang tak tergerus oleh perkembangan zaman.

Bali, pulau seribu pura.
20 Mei 2017

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar ya ^^ yang mau ngajak ngopi bareng juga bisa *eehh