Rabu, 18 Mei 2016

Hari Buku Nasional | Lil P Journey

Coffee☕, favourite books and a sleepy conscience, this is the ideal life



SELAMAT HARI BUKU NASIONAL 17 Mei 2016

Hari ketika buku tidak dibaca tetapi dibredel.
Hari ketika perpusnas tidak melestarikan buku tetapi memusnahkannya.

Hari ini yang akan diberangus adalah buku-buku aliran kiri. Tapi besok, bisa jadi novel favorit kamu pun masuk kategori terlarang. Bacalah buku yang dianjurkan. Lebih penting lagi bacalah buku yang dilarang.

Baca buku jangan membakarnya. Bicarakan dan lestarikan buku jangan memusnahkannya
Selamatkan buku, baca mereka, pindahkan isinya kedalam kepala dan dadamu.

@benzbara_

*************
 

Jika di sebuah rumah kamu menemukan buku-buku filsafat, revolusi, dan kaset-kaset musik klasik, sudah jelas, penghuni rumahnya pasti "orang berbahaya", terutama jika buku dan kaset itu dalam keadaan berserakan. Bisa dipastikan si penghuni rumah itu orang yang logis dan kaya perspektif, etis, juga estetis. Pokoknya kamu harus hati-hati!

Namun, jika buku-buku itu tertata rapi dan bersih sekali, abaikan saja. Orang itu pasti tak berbahaya, karena bisa jadi dia hanya tukang pamer. Dia hanya ingin menggertakmu dengan barisan bukunya yang berjejer rapi seperti prajurit. Karena itu, nasihatku sekali lagi, abaikan saja.

Kalau kamu menyukai buku-buku koleksinya, pinjam saja. Aku tidak menjamin kamu akan dipinjami, namun jika dia akhirnya meminjamkan bukunya, lebih baik jangan dikembalikan. Jika dia marah, jangan sekali-kali merasa bersalah! Kupastikan dia marah bukan karena dia kehilangan ilmu di buku-buku tersebut. Dia marah karena kamu mencabuti bulu-bulu merak kemilau yang suka dia pamerkan dari tubuhnya. Kamu tidak berdosa apa pun, karena kamu sesungguhnya sedang menyelamatkan ilmu pengetahuan.
 
— Budiman Sudjatmiko



*************

Bukan, saya bukan penikmat aliran 'kiri’. Tapi banyaknya penertiban buku aliran 'kiri' turut mengundang nyeri.

Kalau hari ini buku aliran 'kiri’ sudah mulai dikosongkan dari rak-rak buku, lantas bagaimana dengan segelintir novel dengan aliran nyeleneh yang saya undang dalam ruang baca saya nanti? Apakah kelak novel-novel tersebut akan menjadi buku yang harus diselipkan dalam rak buku?

Kalau kreativitas dalam penyusunan kata sedikit demi sedikit mulai dicekik dengan berbagai macam alasan, lantas apa yang akan terjadi pada pikiran dimasa depan? Apakah pikiran kita pelan-pelan akan digembleng untuk masuk dalam penjara?

SELAMAT HARI BUKU NASIONAL. Baca buku-buku yang dianjurkan, lebih penting lagi baca buku-buku yang dilarang.

*************

Mungkin sedikit telat untuk posting ini. Karena kemarin sedikit banyak disibukkan dengan rutinitas dunia nyata yang penuh sesak. Sedikit bertemu teman lama, membicarakan basa-basi yang sepertinya tidak perlu, lantas mengurus beberapa hal yang memang harus diurus.