Kamis, 19 Mei 2016

BNI Membangun Generasi Muda Lewat BNI Taplus Muda | Kali pertama memilih BNI dalam berbank | Lil P Journey | #70TahunBNI


#70TahunBNI : Kali pertama memilih BNI dalam berbank
 
Apa yang terpikirkan setelah lulus SMK? Ya, antara dua pilihan : kuliah dan atau kerja. Tapi tentu saja ada jangka waktu setelah lulus kuliah atau mencari kerja.

Sebagai siswa SMK yang sudah dibimbing dan diprogram oleh kurikulum pemerintah untuk menjadi lulusan yang siap kerja atau menciptakan lapangan kerja tentu saja sudah mempunyai beberapa keterampilan dan strategi masa depan. Kala itu tahun 2012 tepatnya sekitar bulan Mei saya sedang dirundung jenuh karena lama menganggur tanpa kegiatan. Iseng-iseng saya buka website, mencari hal yang sedang happening. Jawabannya adalah online shop.

Bermodal website gratisan (blogger) dan modem, saya mencoba peruntungan lewat bisnis online shop. Karena saya lulusan SMK jurusan Multimedia, tentu saja dunia blog dan website bukan hal baru. Tapi, saat itu ilmu tentang blog, website dan domain masih seadanya.

Setelah mencari beberapa supplier yang menurut saya terpercaya, saya mulai membuat katalog barang mulai dari baju, celana, jaket dan baju couple. Awal mulanya memang tidak langsung menggunakan blog, tapi menggunakan facebook. Sayang, setelah semua strategi pasar sudah dirancang sedemikian rupa, saya melupakan sesuatu.

"Aku jualan online, pangsa pasar buakan cuma temen, tetangga atau keluarga yang bisa bayar cash. Dan juga menggunakan metode drop ship. So, gimana kalau ada calon pembeli yang mau bayar? Gimana aku mau melakukan pembayaran ke produsen?"

Kenapa muncul pertanyaan itu? Karena saya belum mempunyai rekening pribadi. Awal mula saya melakukan transfer langsung ke bank bukan sebagai nasabah. Saat itu 4 dari 5 produsen online shop saya pengguna rekening Bank Negara Indonesia (BNI). Pada saat itu saya yang masih belajar cara transfer dilayani dengan sangat ramah oleh teller BNI. Karena beberapa kali transaksi, kakak tellernya menawari tabungan BNI biar lebih enak katanya. Tapi sayang saat itu saya belum punya modal dan tabungan untuk membuka rekening baru.

Barulah setelah saja bekerja paruh waktu pada salah satu BUMN di Banjarmasin, dibulan ketiga saya mendapatkan gaji (hehe) tepatnya September 2012, saya membuka rekening BNI di KCP A. Yani Km. 3,5 Banjarmasin. Sebelum saya pergi ke BNI, saya telpon dulu customes servicenya di (0511) 3254455.

CS nya ramah dan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Salah satu yang saya tanyakan saat itu adalah setoran awal dan soldo minimal. Setelah semua pertanyaan sudah saya ajukan, kakak CS nya lantas menanyakan kapan rencana pembukaan rekeningnya dan saya jawab setelah jam istirahat makan siang. Jadi sekitar pukul 13.00 wita saya pergi ke BNI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jl. A. Yani Km. 3,5 Banjarmasin.

Maklum, karena baru pertama kali ke sana jadi agak grogi. Untunglah, ada pak satpam yang baik hati membantu mengambil nomor antrian. Pada waktu pembukaan rekening kala itu status saya sebagai mahasiswa, ya walapun saya bekerja paruh waktu pada salah satu kantor BUMN di Banjarmasin.

Customer servicenya menawarkan dan menjelaskan beberpa produk BNI. Pada akhirnya saya memilih BNI Taplus Muda. BNI Taplus Muda merupakan turuan dari Taplus yang diperuntukkan untuk kaum muda usia 15 - 25 tahun dengan limit penarikan tunai 5 juta per hari.

Dengan slogan : kreativitas itu bebas menjadi diri sendiri, BNI Taplus muda juga dilengkapi dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Eitsss jangan salah desain ATM BNI Taplus Muda berbeda dengan BNI Taplus. Dengan desain khas anak muda yang menonjolkan warna biru serta gambar gitar pada bagian muka ATM, desain ini anak muda banget.



Biaya administrasi BNI Taplus Muda pun sangat terjangkau yaitu Rp 5.000,- / bulan. Akhirnya, dengan setoran awal saya saat itu Rp 500.000,- saya membuka tabungan BNI Taplus Muda. Bukan hanya karena keringanan administrasi serta desain ATM nya yang menurut saya unique, tapi BNI Taplus Muda juga memberikan kemudahan bertransaksi dengan SMS banking serta fasilitas setoran tunai layaknya BNI Taplus. Perbedaan BNI Taplus dengan BNI Taplus Muda adalah limit transaksi, biaya administrasi dan besar bunga. 

Kalau berbicara tentang fasilitas setoran tunia, seperti yang kalian ketahui, setoran tunai berfungsi untuk menabung tanpa repot-repot mengantri ke teller. Pecahan yang dapat disetorkan melalui ATM setoran tunai adalah pecahan Rp 20.000, Rp. 50.000 dan Rp 100.000 dengan maksimum satu kali setoran maksimum 99 lembar (tapi sekarang kalau tidak salah di batasi menjadi 50 lembar). Di Banjarmasin sendiri cukup mudah menemukan ATM setoran tunai, hampir semua gerai ATM di kantor cabangnya sudah dilengkapi dengan fasilitas ini.

Setelah membuka tabungan BNI, pelan-pelan saya belajar cara menggunakan ATM, transfer, setoran tunai dan berbagai transaksi lainnya. SMS banking BNI pun sangat bermanfaat untuk cek saldo dan notifikasi dana masuk/keluar juga sangat mempermudah pembukuan online shop. Saat itu CS nya langsung menawarkan fasilitas SMS banking karena saya cerita punya bisnis online. 



Pernah saya iseng-iseng mencoba menggunakan ATM saya untuk belanja di mall. Karena waktu itu saya masih bingung perbedaan kartu kredit dan kartu debit, jadi saya searching di internet apakah ATM saya termasuk kartu debit. Kalau di mall kita tidak membawa uang cash atau kurang, kita bisa menggunakan kartu debit dengan catatan saldonya mencukupi, hehehe. Ternyata cukup mudah menemukan merchant-merchant yang bekerjasama dengan BNI. Cukup dengan memberikan ATM pada bagian kasir dan memasukan pin, dan dddrrr keluarlah struk pembayaran tinggal tanda tangan, selesai deh.


Sudah hampir empat tahun saya menggunakan BNI Taplus Muda sejak saya menjalankan bisnis online sampai sekarang saya menjadi tenaga bantu pada salah satu instansi pemerintahan di Kota Banjarmasin, dan selama itu pula saya setia menggunakan BNI.

Seperti peribahasa : sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, BNI telah menjadi teman setia untuk menabung dan bertransaksi. Walaupun sekarang online shop saya sudah pasif karena saya aktif bekerja, tapi keputusan saya kali pertama memilih BNI dalam berbankan merupakan pilihan yang tepat.

Bahkan saya juga merekomendasikan teman-teman saya di kampus untuk menggunakan BNI Taplus Muda. Apalagi untuk mereka yang baru mencoba usaha bisnis online seperti saya. Jangkauan ATM yang mudah dan biaya administrasi yang terjangkau masih menjadi daya pikat tersendiri.


Berkat tabungan BNI saya pelan-pelan bisa mewujudkan beberapa mimpi saya. Berkat BNI pula saya bisa menjalankan bisnis online kecil-kecilan saya sampai saya bisa liburan kali pertama dengan uang saya sendiri. 

Terimakasih BNI telah mengawal perjalanan saya. Semoga selalu berinovasi memberikan yang terbaik untuk mengembangkan negeri.



4 komentar:

  1. Salam kenal mba, ada banyak kesamaan hobi/pekerjaan yg kita tekuni, salah satunya online shop kecil-kecilan..
    senang bertemu dgn orang yang se-ide atau sama perjuangannya sekarang bersama BNI ^_^
    Kartu ATM nya juga keren, gambar gitar (y)

    Jika berkenan blogwalking juga di artikel saya, trims ^_^ http://yulianasari-lifehistories.blogspot.co.id/2016/05/bni-bank-kebangganku-untuk-berkarya-dan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi kakak...salam kenal juga

      terimakasih telah berkunjung...
      ready go ur blog.... *wuuuuuuzzzzzz*

      Hapus
  2. Saya juga punya olshop kecil-kecilan :D Dan emang urusan transfer-transferan jadi terbantu banget dengan BNI ya. Apalagi kalo transfer via ATM BNI juga bisa untuk nominal yang kecil. Sukses ya, Dik (haha...yakin banget dirimu lebih muda dariku dengan melihat jenis Taplusnya :D )

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih telah berkunjung kak ^^ (hihi...)
      iya ATM BNI ada dimana-dimana. jadi lebih mudah kalau harus transfer tiba2....

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung. Kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar ya ^^ yang mau ngajak ngopi bareng juga bisa *eehh